Cart

Berita

Contoh media pembelajanan SD untuk semua Mata Pelajaran

Media Pembelajaran mudah  untuk Semua Mata Pelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dari sistem pengajaran yang menjadi faktor dominan untuk menunjang berhasilnya proses belajar mengajar. Media pembelajaran digunakan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.

Dalam Azhar Arsyad (2009: 15) bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruhpengaruh psikologis terhadap peserta didik. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran pada saat itu.

Pada kesempatan ini, tim Edukasi ingin berbagi tips, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas, media yang menarik dengan bahan yang mudah di dapat dan tentu saja pebuatannyapun tidak sulit, yaitu media ular tangga.

Ular Tangga merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang mendunia. Ular Tangga sebagai media pembelajaran digunakan untuk mengulang (review) pelajaran yang diberikan. Media pembelajaran dengan menggunakan permainan Ular Tangga ini terdiri dari 4 bagian yaitu kertas petak atau papan permainan, kartu soal, dadu dan pion-pion (Solichin, 2012). Tidak ada papan permainan standar dalam Ular Tangga, jadi setiap orang dapat menciptakan ukuran papan permainan Ular Tangga, dengan jumlah kotak, ular, dan tangga sesuai yang diinginkan (Novitasari, 2013). Kotak yang terdapat dalam Ular Tangga digunakan dalam pembelajaran ini berjumlah 64 kotak. Dalam permainan Ular Tangga ini, soal-soal yang berkaitkan dengan materi koloid ditempatkan pada nomor kotak-kotak Ular Tangga.


Perlengkapan :
1. Papan/ Kertas Ular Tangga dengan terdapat 10 kotak merah dan 10 kotak kuning
2. Dadu
3. Pion
4. 10 soal di kertas warna kuning berisi pertanyaan sesuai mata pelajaran
5. 10 soal di kertas warna merah berisi pertanyaan sesuai mata pelajaran

Tata cara pelaksanaan permainan ular tangga, yaitu sebagai berikut:
a) Masing-masing siswa mengocok dadu dan berjalan beberapa petak sesuai dengan angka dadu yang diperolehnya;
b) Jika berhenti di gambar tangga maka maju sesuai dengan petak yang ditunjukkan oleh tangga tersebut, dan jika terdapat gambar ular maka harus turun sesuai dengan gambar kepala ular tersebut berada;
c) Dalam permainan ular tangga ini terdapat beberapa petak berwarna merah dan kuning. Jika siswa berhenti di warna merah, maka siswa berhak mengambil kartu berwarna merah dan sebaliknya jika siswa berhenti pada kotak berwarna kuning maka siswa diminta untuk mengambil kartu berwarna kuning;
d) Kartu tersebut terdiri dari beberapa pertanyaan yang wajib dijawab oleh masing-masing kelompok. Jika setelah didiskusikan dan jawabannya benar maka akan mendapatkan poin sebesar 10;
e) Permainan ini dilakukan secara bergantian selama 8 kali kocokan dadu. Kegiatan ini dibatasi agar siswa mempunyai kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
f) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya;
g) Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilalui.

Daftar Pustaka:
Abdul Wahab, Solichin. 2012. Analisis kebijaksanaan dari Formulasi ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Novitasari. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Berbentuk Permainan Ular Tangga Materi Alat Optik untuk SMP Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika 2013 Volume 1. No 1. Halaman 37

Related Post

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087738606633